[SHARE] Konsep dasar TCP/IP
#1
Assalamualaikum wr.wb

Bingung mau share apaan berhubung ilmu masih ketanem :badpc: share ini aja yang penting berbagi moga2 bermanfaat :d

Pernahkah teman-teman di sini pernah bertanya bagaimana komputer Anda berbicara ke komputer lain pada jaringan LAN atau sistem lain di internet?
Memahami seluk-beluk bagaimana komputer berinteraksi merupakan bagian penting dari jaringan dan sangat penting bagi sysadmin serta pengembang. Pada thread ini, kita akan membahas konsep komunikasi dari tingkat dasar sangat dasar yang perlu dipahami oleh semua orang.



TCP / IP PROTOKOL SUITE

Komunikasi antara komputer di jaringan dilakukan melalui protokol yang salin menyetujui. Yang paling banyak digunakan dan suite protokol yang paling banyak tersedia adalah protokol TCP / IP. protokol terdiri dari arsitektur berlapis di mana setiap lapisan menggambarkan beberapa fungsi yang dapat dilakukan oleh protokol. Setiap lapisan biasanya memiliki pilihan lebih dari satu protokol untuk melaksanakan tanggung jawab yang melekat pada lapisanya. TCP / IP biasanya dianggap sebagai sistem layer 4. 4 lapisan adalah sebagai berikut:
?
1. Application layer
2. Transport layer
3. Network layer
4. Data link layer


1. Application Layer

Ini adalah lapisan atas protokol TCP / IP. Lapisan ini meliputi aplikasi atau proses yang menggunakan protokol transport layer untuk mengirimkan data ke komputer tujuan.
Pada setiap lapisan ada pilihan protokol tertentu untuk melaksanakan tugas yang ditunjuk untuk lapisan tertentu. Jadi, layer aplikasi juga memiliki berbagai protokol yang digunakan untuk aplikasi berkomunikasi dengan lapisan kedua, Transport Layer. Beberapa protokol lapisan aplikasi populer adalah:

1. HTTP (Hypertext Transfer Protocol)
2. FTP (File transfer protocol)
3. SMTP (Simple mail transfer protocol )
4. SNMP (Simple Network Management Protokol) dll

2. Transport Layer

[hide] Lapisan ini ialah tulang punggung untuk aliran data antara dua host. Lapisan ini menerima data dari lapisan aplikasi di atasnya. Ada banyak protokol yang bekerja pada lapisan ini tetapi dua protokol yang paling umum digunakan pada lapisan transportasi TCP dan UDP.

TCP digunakan di mana koneksi yang handal diperlukan sedangkan UDP digunakan dalam kasus koneksi handal tidak di perlukan .
TCP membagi data (berasal dari lapisan aplikasi) ke dalam potongan berukuran tetap dan kemudian melewatkan potongan ini ke jaringan. proses ini mengakui paket yang diterima, menunggu untuk pengakuan dari paket yang dikirim dan menetapkan batas waktu untuk mengirim ulang paket jika pengakuan tidak diterima dalam waktu. '?reliable connection' Istilah ini digunakan di mana tidak diinginkan untuk kehilangan informasi yang sedang ditransfer melalui jaringan melalui koneksi tersebut. Jadi, protokol yang digunakan untuk jenis koneksi harus menyediakan mekanisme agar mencapai karakteristik yang diinginkan.

Misalnya, saat men-download file, tidak diinginkan untuk kehilangan informasi (byte) karena dapat menyebabkan konten yang di download korup.
UDP menyediakan layanan yang relatif sederhana tetapi tidak dapat diandalkan dengan mengirimkan paket dari satu host ke yang lain. UDP tidak mengambil langkah-langkah ekstra untuk memastikan bahwa data yang dikirim diterima oleh host target atau tidak. 'Unreliable connections' Istilah yang digunakan di mana hilangnya beberapa informasi tidak mengganggu tugas yang di inginkan melalui koneksi ini. Misalnya saat streaming video, hilangnya beberapa byte informasi karena beberapa alasan yang dapat diterima.

3. Network Layer

Lapisan ini juga dikenal sebagai lapisan Internet. Tujuan utama dari lapisan ini adalah untuk mengatur atau menangani pergerakan data pada jaringan. Dengan pergerakan data, kata umumnya berarti routing data melalui jaringan. Protokol utama yang digunakan pada lapisan ini adalah IP. Sedangkan ICMP (digunakan oleh perintah 'ping' populer) dan IGMP juga digunakan pada lapisan ini.

4. Data Link Layer

Lapisan ini juga dikenal sebagai lapisan antarmuka jaringan. Lapisan ini biasanya terdiri dari device driver di OS dan kartu antarmuka jaringan yang melekat pada sistem. Kedua driver perangkat dan kartu antarmuka jaringan ini mengurus rincian komunikasi dengan media yang digunakan untuk mentransfer data melalui jaringan. pada sebagian besar kasus yang saya dapatkan, media ini dalam bentuk kabel. Beberapa protokol yang terkenal yang digunakan pada lapisan ini meliputi ARP (Address Resolution Protokol ), PPP (Point to point protokol) dll

KONSEP TCP / IP CONTOH

Satu hal yang dapat di ambil catatan adalah bahwa interaksi antara dua komputer melalui jaringan melalui protokol TCP / IP berlangsung dalam bentuk arsitektur client server.
Klien meminta suatu layanan sementara server memproses permintaan klien.
Sekarang, karena kita telah membahas lapisan dasar yang membantu aliran data dari host target melalui jaringan. Mari kita mengambil contoh yang sangat sederhana untuk membuat konsep yang lebih jelas.
Cermati aliran data ketika Anda membuka sebuah situs web.

[Image: tcp_ip.png]
images

Seperti yang terlihat pada gambar di atas, informasi mengalir ke bawah melalui setiap lapisan pada mesin host. Pada lapisan pertama, saat http protokol sedang digunakan, sehingga permintaan HTTP terbentuk dan dikirim ke lapisan transport.
Di sini protokol TCP memberikan beberapa informasi lebih lanjut (seperti nomor urut, nomor port sumber, tujuan nomor port dll) dengan data yang berasal dari lapisan atas sehingga komunikasi tetap dapat diandalkan yaitu, jalur data yang dikirim dan data yang diterima dapat dipertahankan.
Pada lapisan yang lebih rendah berikutnya, IP menambahkan informasi sendiri atas data yang berasal dari lapisan transport. Informasi ini akan membantu dalam paket perjalanan melalui jaringan. Terakhir, lapisan data link memastikan bahwa transfer data ke / dari physical media(media fisik) dilakukan dengan benar.

Di sini sekali lagi komunikasi dilakukan pada lapisan data link yang dapat diandalkan (reliable) atau tidak dapat diandalkan (unreliable).
Informasi perjalanan ini pada physical media (seperti Ethernet) dan mencapai mesin target.
Sekarang, di mesin target (yang dalam kasus kita adalah mesin di mana situs web host) peristiwa yang sama pada saat interaksi terjadi, tetapi dalam urutan terbalik.

Paket yang pertama diterima pada lapisan data link. Pada lapisan ini informasi (yang diisi oleh protokol data link layer dari mesin host) dibaca dan sisa data akan diteruskan ke lapisan atas.

Demikian pula pada lapisan jaringan, informasi yang ditetapkan oleh protokol layer Network mesin host membaca dan sisa informasi yang diteruskan pada lapisan atas berikutnya. Hal yang sama terjadi pada lapisan transport dan akhirnya permintaan HTTP yang dikirim oleh aplikasi host (browser Anda) diterima oleh aplikasi target (server Web).

Jika ada ynag bertanya-tanya apa yang terjadi ketika informasi khusus untuk setiap lapisan dibaca oleh protokol pada mesin target atau mengapa ini diperlukan? Nah, mari kita memahami hal ini dengan contoh protokol TCP pada lapisan transport. Pada mesin host protokol ini akan menambahkan informasi seperti nomor urut untuk setiap paket yang dikirim oleh lapisan ini.
Pada mesin target, ketika paket mencapai pada lapisan ini, TCP pada lapisan ini membuat catatan dari nomor urutan paket dan mengirim pengakuan (yang menerima nomor seq + 1).
Sekarang, jika host TCP tidak menerima pengakuan dalam beberapa waktu tertentu, akan kembali mengirimkan paket yang sama. Jadi cara ini TCP memastikan bahwa paket tidak akan hilang. Jadi kita melihat bahwa protokol di setiap lapisan membaca informasi yang ditetapkan oleh pasangannya untuk mencapai fungsi dari lapisan yang diwakilinya.

PORTS, SERVERS DAN STANDARS

Pada mesin tertentu, nomor port ditambah dengan alamat IP dari mesin dikenal sebagai socket. Kombinasi IP dan port pada kedua klien dan server dikenal sebagai empat tupel. Ini tuple yang unik mengidentifikasi empat sambungan. Dalam bagian ini kita akan membahas bagaimana nomor port yang dipilih.
Anda sudah tahu bahwa beberapa layanan yang sangat umum seperti FTP, telnet dll berjalan pada nomor port terkenal. Sementara server FTP berjalan pada port 21, server Telent berjalan pada port 23. Jadi, kita melihat bahwa beberapa layanan standar yang disediakan oleh setiap implementasi TCP / IP memiliki beberapa port standar yang mereka jalankan. Angka-angka port standar umumnya dipilih 1-1023. Para port dikelola oleh Internet Assigned Numbers Authority (IANA).

Sementara server standar (yang disediakan oleh pelaksanaan TCP / IP) dijalankan pada nomor port standar, klien tidak memerlukan port standar untuk berjalan .
Klien nomor port yang dikenal sebagai simple port . Hal ini karena klien dapat terhubung ke server, melakukan tugasnya dan kemudian melepaskan. Jadi kami menggunakan istilah 'short lived' dan karenanya tidak ada port standar yang diperlukan untuk mereka.
Juga, karena klien harus mengetahui nomor port dari server untuk terhubung ke mereka, sehingga server yang paling standar dijalankan pada nomor port standar.
Port disediakan untuk klien umumnya berkisar 1.024-5.000. Nomor port yang lebih tinggi dari 5000 yang diperuntukkan bagi mereka server yang tidak standar atau terkenal. [/hide]

Jika kita melihat '/ etc / services' file,
ketik pada terminal :
Code:
cat /etc/services
Anda akan menemukan sebagian besar server standar dan port yang mereka jalankan.

Quote:$ Cat / etc / services
systat 11/tcp users
siang hari 13/udp
netstat 15/tcp
qotd 17/tcp quote
msp 18/udp
chargen 19/udp ttytst source
ftp-data 20/tcp
ftp 21/tcp
ssh 22/tcp
ssh 22/udp
telnet 23/tcp
...
...
...

Seperti yang Anda lihat dari file / etc / jasa, FTP memiliki nomor port 21, Telnet memiliki nomor port 23 dll Anda dapat menggunakan perintah 'grep' pada file ini untuk menemukan server dan port yang terkait.

Oke.lah happy reading :d \m/

Sumber Disini

(12-14-2012, 11:54 PM)mr.me Wrote: :-bd kalau mau belajar tentang jaringan,
ada aplikasi buat belajar nya nggak om, semacam simulasi gitu Smile?

ada bro namax kalau tdk salah cisco paket tracer ini gunanya untuk membuat simulasi jaringan komputer sangat cocok buat yang ingin belajar tentang jaringan, anak2 smk biasanya pake ini waktu praktek membuat jaringan komputer

penampakanya :

Quote:[Image: cisccoooooo.png]
image sharing

kalau mau download ini ada file .bin disini


MY__DRAGON__STILL__ASLEEP

#2
Wah nice share om.., Smile
biarpun dasar begitu.., tapi hal ini sangat lah penting menurut ane untuk menunjang sejalannya teori n' praktek om, biar kita2 ga taunya yang instan-instan saja om, tanpa tau maksud di balik aksi kita..., :-bd
jarang-jarang thread ada yg membahas mengenai konsep dasar seperti ini om..,
mantap dah pokoknya om.., +1 dari ane.., \m/
root@bt:~# cat about_me
I'm just a linuxer....!!! ^_^
root@bt:~#

#3
(12-14-2012, 08:03 PM)Acenk90 Wrote: Wah nice share om.., Smile
biarpun dasar begitu.., tapi hal ini sangat lah penting menurut ane untuk menunjang sejalannya teori n' praktek om, biar kita2 ga taunya yang instan-instan saja om, tanpa tau maksud di balik aksi kita..., :-bd
jarang-jarang thread ada yg membahas mengenai konsep dasar seperti ini om..,
mantap dah pokoknya om.., +1 dari ane.., \m/

Hehe makasih ya bro :d
MY__DRAGON__STILL__ASLEEP

#4
:-bd kalau mau belajar tentang jaringan,
ada aplikasi buat belajar nya nggak om, semacam simulasi gitu Smile?
#include <stdio.h>
void main() {
print ("
Opensource bukan GRATIS tapi BEBAS
\n");
print("my office http://blog.alirahman.web.id\n);
}

#5
Nah, gimana cara pakai paling gampang dari Cisco Packet tracer ini, Kang? Yang paling simpel. Kok kayaknya rumit nian saya coba Smile

#6
(12-15-2012, 11:21 AM)Malsasa Wrote: Nah, gimana cara pakai paling gampang dari Cisco Packet tracer ini, Kang? Yang paling simpel. Kok kayaknya rumit nian saya coba Smile

sebenarnya ane blm pernah coba sih bro, cuma ane pernah liat temen makenya gak terlalu rumit hanya kita harus paham terlebih dahulu bukan hanya konsepx tetapi alat2 yang di gunakan seperti hub, switch,dan teman-temanya.

contoh simplenya coba bikin jaringan misal warnet yang menggunakan router, hub, 4 pc client dengan cara menhubungkan hub ke router dan menghubungkan 4 pc client ke hub nah di sini kita bisa menggunakan cisco packet tracer apakah jaringan yang kita buat itu berhasil atau gagal :-bd
MY__DRAGON__STILL__ASLEEP

#7
(12-15-2012, 05:56 AM)2s4u4b3h4an Wrote:
(12-14-2012, 11:54 PM)mr.me Wrote: :-bd kalau mau belajar tentang jaringan,
ada aplikasi buat belajar nya nggak om, semacam simulasi gitu Smile?

ada bro namax kalau tdk salah cisco paket tracer ini gunanya untuk membuat simulasi jaringan komputer sangat cocok buat yang ingin belajar tentang jaringan, anak2 smk biasanya pake ini waktu praktek membuat jaringan komputer

penampakanya :

Quote:
image sharing

kalau mau download ini ada file .bin disini
oke om makasih
#include <stdio.h>
void main() {
print ("
Opensource bukan GRATIS tapi BEBAS
\n");
print("my office http://blog.alirahman.web.id\n);
}

#8
ane satuin post yang berkaitan ya, biar sekalian teman2 bisa download packet tracertnya
mantab share yang kayak gini, sangat dasar dan sangat bermanfaat, ditunggu kelanjutannya bro untuk Network layer dan Data link layer

+2 dari ane

#9
(12-16-2012, 06:51 AM)iKONspirasi Wrote: ane satuin post yang berkaitan ya, biar sekalian teman2 bisa download packet tracertnya
mantab share yang kayak gini, sangat dasar dan sangat bermanfaat, ditunggu kelanjutannya bro untuk Network layer dan Data link layer

+2 dari ane

thx ijox om baik deh :d , penjelasan network layer dan data link layer sdh ada cuman tersembunyi "hide until thanks" om :-bd
MY__DRAGON__STILL__ASLEEP

#10
oh iya, manteb bro Big Grin






Users browsing this thread: 1 Guest(s)