Mengenal Cisco IOS
#1
Sebelumnya minta izin dulu sama staff-staff ibt mau nulis artikel. Smile . ini artikel pertama ane . jadi maklumin ya kalau kurang bermanfaat. disini ane cuma mau berbagi aja. ok langsung ke inti.a aja y.

Apa sih itu Cisco IOS ?. CISCO IOS adalah sebuah operating sistem dalam perangkat - perangkat Cisco. kepanjang dari CISCO IOS adalah Cisco Internetwork Operating Sistem. Sama seperti PC, perangkat - perangkat Cisco tanpa Operating sistem tidak akan berfungsi. Router, LAN switch, Wireless AP adalah contoh perangkat - perangkat yang menggunakan CISCO IOS.

Cisco IOS menyediakan layanan - layanan :

* Basic routing dan fungsi switching
* Keamanan dalam mengakses sumber jaringan
* Network scalabilty

Spoiler! :
[Image: ios.PNG]

Dilihat dari gambar di atas, perangkat Cisco yang memiliki Cisco IOS mempunyai:

* Flash Memory
* NVRAM
* RAM

Singkatnya, Flash memory itu diibaratkan hardisk jika di PC. flash memory berisi operating sistem yaitu CISCO IOS. NVRAM berfungsi untuk menyimpan konfigurasi - konfigurasi yang telah disimpan atau "startup config". dan RAM berfunsi konfigurasi - konfigurasi yang belum disimpan "running config". jadi seandainya kita mengkonfigurasi ip router. konfigurasi itu terdapat di RAM atau di "running-config", dan saat kita menyimpannya dengan command "copy running-config startup-config" konfigurasi ip router berada di NVRAM. jadi jika kita power off perangkat cisco (router) dan kita power on kembali. konfigurasi ip route tidak hilang. jika kita belum "copy running-config startup-config" atau menyimpannya ke NVRAM atau masih di RAM, saat kita power off dan power on kembali konfigurasi ip router hilang karena belum disimpan ke NVRAM. Cisco IOS sendiri dikonfigurasi melalui CLI(Command Line Infterface).

Spoiler! :
[Image: configuration%2Bfile.PNG]

Cara - cara mengakses CLI Cisco IOS di perangkat cisco :

* Melalui Console
* Melalui telnet atau ssh
* Melalui Aux port

Spoiler! :
[Image: acces.PNG]

Melalui Console port

Mengakses melalui console adalah ketika perangkat belum dikonfigurasi, saat trouble shooting ketika remote perangkat tidak bisa, dan ketika recovery password.


Melalui telnet atau ssh

Mengakses melalui telnet atau ssh adalah ketika network admin menyediakan akses. biasanya diberi password agar aman. dan perlu diketahui bahwa ssh lebih aman dibandingkan dengan telnet.

Melalui Aux port

Biasanya mengakses melalui Aux port ketika console port tidak berfungsi. Aux port pun jarang digunakan. karena telah ada console port


Mode - Mode CISCO IOS

Mode - mode Cisco IOS didesain secara hirarki, maksudnya mempunyai struktur secara hirarki dari mode - modenya, bingung ya ? sama ane juga bingun, hahahaha. lanjut lagi deh. jadi cisco IOS mempunyai mode - mode sepeti ini :

* User Executive Mode (User Exec)
* Privilige Executive Mode(Privilige Exec)
* Global Configuration Mode
* Other Configuration Mode


Masih bingung ga ? hehe, jadi maksud Cisco membuat mode - mode itu agar konfigurasinya rapih, aman, dan bertahap secara masing level-level.

Contoh User Exec :

Spoiler! :
[Image: user%2Bexec%2Bmode.PNG]


Contoh Privilige Exec :

Spoiler! :
[Image: privilige.PNG]

Contoh Global Configuration Mode :

Spoiler! :
[Image: global.PNG]

atau secara rincinya :

* Baris pertama menunjukan User Exec
* Baris kedua menunjukan Privilige Exec
* Baris Ketiga menunjukan Global Configureation
* Baris Keempat menunujukan Other Configuration

Spoiler! :
[Image: struktur%2Bios.PNG]


Primary Mode

Mode utama pada CISCO IOS adalah :

* User Executive Mode
* Privilige Executive Mode


User Executive Mode

Jadi, saat kita masuk di lingkungan CLI CISCO IOS pertama kali, kita berada di User Exec. Ini adalah top hirarki dan ditandai dengan "router>" key adalah ">". Itu menunjukan kita berada di User Exec Mode, pada saat kita berada di User Exec Mode biasanya command dibatasi dan kita hanya bisa melihat seperti interface perangkat, version perangkat, dll.

Privilige Executive Mode

Untuk memasuki Privilige Exec Mode kita harus melalui User Exec Mode terlebih dahulu, Jika kita berada di Privilige Exec Mode, kita dapat mengkonfigurasi perangkat, hak kita penuh, ibaratnya kita sebagai "root" jika di OS Linux. biasanya ditandai dengan "router#" key "#".Ini adalah tahapan kedua setelah User Exec Mode

Jadi sekarang ngerti kan apa itu Mode - mode di Cisco IOS ? hehe, Jika kita masuk ke CLI Cisco IOS pertama kali, kita pasti berada di User Exec Mode, setelah itu jika ingin konfigurasi kita harus masuk ke Privilige Exec Mode, Cara masuknya gimana tuh ??? tenang tenang, santai dulu. jadi untuk berpindah dari User Exec mode ke Privilige Exec Mode gini caranya : ketik enable dan kemudian pencet enter. jika simbolnya sudah berubah dari "router>" menjadi "router#". kita telah berhasil masuk ke Privilige Exec Mode. Selamat ya, hehe

Spoiler! :
[Image: mode%2Bmasuk%2Bprivilige.PNG]


Basic Cisco IOS Command

Setiap command Cisco IOS mempunyai format spesifik. umumnya sintaks command adalah "command" dan diikuti dengan "argument". contohnya :

router>show version

command disini adalah show, dan argumentnya adalah version.lebih rinci adalah :

Spoiler! :
[Image: structur%2Bbasic%2Bios.PNG]

Semoga bermanfaat ya ^_^ , Maaf kalau ada salah dalam kata dan penulisan.

Thank's For All Staff IBT Team & Especially for zee eichel, nasa, iyan_squid, & ezzaez

#2
wah cisco ternyata ada OS-nya sendiri toh?
Ada SS-nya gak ya? dan itu menggunakan perintah2 linux ya?
Yang putih, yang seharusnya ber-aksi dan berbakat!
Linuxtivist blog

#3
(11-11-2011, 04:42 PM)THJC Wrote: wah cisco ternyata ada OS-nya sendiri toh?
Ada SS-nya gak ya? dan itu menggunakan perintah2 linux ya?

iy om, setiap device cisco pasti mempunyai IOS yaitu OSnya. perintah-perintahnya beda sama linux. tapi menggunakan CLI jga untuk konfigurasinya. Cisco & Mikrotik juga beda bahasa dalam konfigurasinya om. seatu ane sih gitu. hehe

#4
(11-11-2011, 05:03 PM)oyi Wrote:
(11-11-2011, 04:42 PM)THJC Wrote: wah cisco ternyata ada OS-nya sendiri toh?
Ada SS-nya gak ya? dan itu menggunakan perintah2 linux ya?

iy om, setiap device cisco pasti mempunyai IOS yaitu OSnya. perintah-perintahnya beda sama linux. tapi menggunakan CLI jga untuk konfigurasinya. Cisco & Mikrotik juga beda bahasa dalam konfigurasinya om. seatu ane sih gitu. hehe

bener om oyi, mikrotik perintah'y kdg ada yg sama ma linux. pada dsr'y mikrotik itu linux..
Hacking isn't just Computers & Exploits. It's a Philosophy.

#5
wah barutau saya malah Smile
soalnya gak pernah megang router Confused
Yang putih, yang seharusnya ber-aksi dan berbakat!
Linuxtivist blog

#6
klw mau jajal IOS nya itu dimana bro?kan mahal jg beli router cisco Big Grin

#7
kl cm jajal buat configurasi bisa pake packetracer, kl buat di hack ane lom tau... tpi sepertinya ad semacam emulator gitu..
Hacking isn't just Computers & Exploits. It's a Philosophy.

#8
Nice Sharing om.. Smile

@copos
pake'GNS3 jg bsa om selaen packetracer yg d'blg om nasa...

#9
iy betul kata om nasa & om jurank_dankkal. GNS3 & Cisco packet tracert adalah cisco emulator. dimana kita bisa coba2 dsna. design jaringan, konfigurasi2. dll. jadi g harus beli router.a. hehe. di Gns3 & Cisco packet tracert juga hampir sama klw kita konfigurasi router beneran. hehe

#10
add reputation dari ane..
nice tutor nih om






Users browsing this thread: 1 Guest(s)