[Info] Seminar dan Workshop “Hacking Android Smartphone” Politeknik Negeri Lhokseumawe
#1
Pada Tanggal 24 September 2016, UKM-POLICY Politeknik Negeri Lhokseumawe mengadakan acara Seminar dan Workshop “Hacking Android Smartphone” di Politeknik Negeri Lhokseumawe (PNL). Acara ini dibuka oleh Bapak Pembantu Direktur (Pudir) 4 PNL yaitu Bapak Taufik, ST, MT dan dilanjutkan oleh Ketua Pelaksana Bapak Said.
Tujuan acara ini adalah mensosialisasikan dan mengedukasikan kepada masyarakat umum bahwa pentingnya kewaspadaan kita dalam mempergunakan kecanggihan teknologi terkhusus Smartphone Android. Pada kesempatan ini terdapat 3 point yang dipelajari. Point pertama yaitu kesadaran bahwa terdapat Undang – Undang ITE dan KUHP yang mengatur segala kejahatan yang berhubungan dengan teknologi informasi. Point kedua yaitu belajar teori dan demonstrasi bagaimana cara melakukan penyadapan data dan akses penuh terhadap Smartphone Android orang lain. Yang dimaksud akses penuh adalah akses terhadap SMS, Contact, Log Telp, File (Dokumen, Music, Video, Gambar, dll), Camera (depan, belakang), GPS, dan lain – lain. Dengan kata lain, point kedua ini akan menunjukkan betapa mudahnya orang jahat (yang memiliki kelebihan dalam hal ilmu komputer) untuk mengambil alih seluruh fungsi yang ada pada Smartphone Android kita. Orang jahat tersebut dapat dengan mudah membaca SMS pada HP kita yang mungkin mengandung informasi finansial (Rekening Bank, Saldo, PIN ATM, dll). Point ketiga yaitu mengajarkan bagaimana caranya agar Smartphone Android kita tidak dapat dikendalikan oleh orang jahat. Beberapa cara yang dapat digunakan untuk dapat mengamankan Smartphone Android adalah dengan cara melakukan update system android, menginstall antivirus, tidak sembarang menginstall aplikasi, dan menggunakan virustotal.com untuk memeriksa apakah aplikasi yang akan kita install itu mengandung virus atau tidak.
Pemateri untuk acara ini adalah Bapak Alexander Lumbantobing S.Tr.Kom yang didatangkan langsung dari Sibolga. Beliau sendiri adalah salah Instruktur Nasional yang telah banyak diundang sebagai pemateri untuk acara-acara yang berbau sosialisasi dan edukasi terhadap kewaspadaan menggunakan teknologi. Bapak Alexander didampingi oleh Ibu Friska Silaban, A.Md untuk mensosialisasikan mengenai kehidupan kuliah dan asrama di Institut Teknologi Del. Ibu Friska diminta memberikan kata sambutan untuk memperkenalkan Institut Teknologi Del kepada para peserta dan panita yang hadir di acara tersebut. Ibu Friska adalah salah satu staf pada Biro Akademik dan Kemahasiswaan (BAAK) di kampus Institut Teknologi Del.
Acara yang diadakan di PNL ini diikuti oleh berbagai peserta yang berasal dari berbagai sekolah dan univeristas dan Masyarakat Umum. Acara ini didukung oleh Career Development Centre (CDC) Politeknik Negeri Lhokseumawe, Indonesia Backtrack Team Sub Regional Lhokseumawe, Indonesia Backtrack Team Sub Regional Toba Samosir, Del Cyber Army, dan Institut Teknologi Del.
POLICY (Polytechnic Linux Community) pada awalnya adalah Kumpulan para pengguna linux di kampus Politeknik Negeri Lhokseumawe. Seiring berjalannya waktu, Lembaga kampus meresmikan komunitas ini sebagai Unit Kegiatan Mahasiswa. UKM-POLICY bergerak dalam bidang Teknologi, lebih tepatnya dalam bidang Open Source (Linux). UKM-POLICY bertujuan mewujudkan Masyarakat khususnya Mahasiswa/i Politeknik menggunakan Sistem Open source.
[Image: 16114720_1050607925045777_21347245014373...e=590C2894]
Acara ini dibekali dengan Doorprize berupa pembagian buku kepada peserta yang berhasil menjawab pertanyaan dari pemateri. Buku tersebut adalah 3 buah “Capture the Flag & Hacking Kioptrix Server (Penulis: Alexander Lumbantobing)” dan 3 buah “Pencegahan Serangan SQL Injection pada Web (Penulis: Elni Enita Manurung)”. Sebanyak 2 buku Bapak Alexader dan 2 buku Ibu Elni, telah disumbangkan kepada UKM-POLICY. Sebagai ucapan terima kasih PNL kepada Bapak Alexander (sebagai pembicara) dan juga kepada Ibu Friska (sebagai pendamping), maka pihak PNL menghadiahkan Piagam Penghargaan untuk Bapak Alexander, Ibu Friska, Indonesia Backtrack Team Sub Regional Toba Samosir dan Institut Teknologi Del. Pemberian Piagam Penghargaan untuk Bapak Alex, diberikan oleh Bapak Pudir 4, sedangkan Pemberian Piagam Penghargaan untuk Ibu Friska, diberikan oleh Bapak Munawir, S.ST., M.T (Dosen IT).
[Image: 16142913_1050607975045772_19217247548725...e=59099271]






Users browsing this thread: 1 Guest(s)